Bangun Monorel Butuh Duit 3,7 Trilyun

Proyek monorel akan mulai dibangun tahun ini. Adapun nilai investasi jalur dan moda transportasi massal sejauh 13 kilometer ini akan  mencapai Rp3,73 triliun.

"Total investasinya Rp3,73 triliun, kalau ada yang mau ikut berinvestasi ya silakan," ungkap CEO ADHI Karya Kiswodarmawan, saat menghadiri temu akbar Engineering BUMN, di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Rabu (8/8).

Proyek ini memiliki masa konstruksi 2,5 tahun. Kapasitas gerbong diperkirakan akan bisa membawa 77.500 orang per hari dan ditargetkan mulai beroperasi pada 2014. "Itu nanti mampu mengangkut 77.500 orang per hari dari satu arah perjalanan," ujar Kiswodarmawan.

Kiswodarmawan menambahkan, Feeder yang akan dibangun sekira 16 stasiun unit di Jakarta Link Transportation (Monarail) di Tanah Abang, Grand Indonesia, Dukuh Atas, Mega Kuningan, Samporna Square, SCBD.

Selain itu, dia menyebutkan proyek-proyek yg akan ditangani Adhi Karya lainnya adalah pembangunan PLTU skala 240 MV, pipeliine, tanggul depot, monorel, jetty dan toll toad, airport train serta transportasi penghubung commercial area dan resident area.

Monorel diproyeksikan akan beroperasi penuh pada 2015 mendatang. "Tarif monorel ini Rp9.500 per orang. Kalau dapat subsidi bisa Rp9.000 dengan mempertimbangkan inflasi lima persen," tuturnya.

Dia menghitung kapasitas gerbong monorel ini dapat menampung 200 orang, dengan kapasitas angkut 77.500 orang per arah per hari serta setiap empat menit kereta monorel akan datang. 

"Monorel ini akan melewati 16 stasiun. Nanti akan terhubung dengan MRT Dukuh Atas-Istora-Senayan, serta kereta komuter di Dukuh Atas," ungkapnya.

Sumber:
http://pesatnews.com/read/2012/08/08/10410/bangun-monorel-butuh-duit-37-trilyun

No comments:

Post a Comment